sekilas tentang goa pindul

goaaaGoa Pindul atau Gua Pindul adalah obyek wisata alam susur Gua bawah tanah,yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul Jogjakarta. Goa ini dikelilingi pemandangan indah  dengan aliran sungai di sepanjang lorong. Biasanya para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri menyusurinya dengan peralatan khusus yaitu dengan menggunakan ban dalam besar (tube) dan jaket pelampung. Ban besar (tubing) tersebut sudah di modifikasi atau diberi pengait berupa tali menyilang di tengah berfungsi sebagai tempat duduk di atas air.

Objek wisata goa pindul ini banyak menarik minat pengunjung dengan tebing tebing yang indah dan goa yang sangat megah dengan hiasan atau ukiran ukiran yang unik disekeliling dinding dindin goa.para wisatawan biasanya asik bercengkrama mengenai asal usul goa pindul dan beberapa informasi yang menarik mengenai goa pindul selama menyusuri panjang sungai didalam goa tersebut.

zona goapindulHal yang tak kalah menarik dari goa pindul adalah Gua Pindul terbagi menjadi tiga zona, yaitu zona terang, remang dan gelap. Salah satu bagian Gua Pindul terdapat tempat yang cukup lebar sehingga terlihat seperti kolam dan terdapat celah yang cukup lebar tempat sinar matahari masuk. Celah ini juga dapat dilalui sebagai jalur masuk dengan cara memasuki gua secara vertikal.lokasi ini biasanya dijadikan tempat berfoto mengabadikan momen momen sebelum menikmati megahnya goa pindul.Tempat wisata sekitar Gua Pindul terdapat Gua Gelatik (gua kering), monumen peninggalan Jenderal Soedirman, serta situs purbakala Sokoliman.

Selain untuk menikmati keindahan objek wisata goa pindul di jogja ini,terkadang para wisatawan juga datang untuk mendapatkan informasi mengenai sejarah dan asal usul gua pindul yang kerap menjadi perbincangan di masyarakat.konon katanya Legenda penamaan Gua Pindul yang dipercayai dan dikisahkan turun temurun oleh masyarakat sekitar berasal dari kisah perjalanan Joko Singlulung yang menelusuri hutan lebat, sungai, hingga gua untuk mencari ayahnya.Saat sedang menyusuri 7 gua yang memiliki aliran sungai di bawahnya, kepala Joko terbentur sebuah batu sesar yang ada di dalam gua. Gua tempat Joko terbentur tersebut dinamai Gua Pindul yang berasal dari kata dalam bahasa Jawa pipi gebendul yang berarti pipi yang terbentur. Cukup menarik bukan? Kejadian lucu yang terjadi di suatu tempat pun dapat dijadikan nama dari lokasi tersebut.

Goa Pindul memang mempunyai daya tarik keindahan dan keunikan tersendiri yang mungkin tidak ada di antara goa-goa wisata yang lain, mempunyai beberapa mitos bebatuannya yang bisa membuat perkasa dan juga awet muda. Mitos-mitos Gua Pindul ini seakan menjadi pelengkap keindahan surga tersembunyi ini. Goa Pindul memang mempunyai daya tarik keindahan dan keunikan tersendiri yang mungkin tidak ada di antara goa-goa wisata yang lain, mempunyai beberapa mitos bebatuannya yang bisa membuat perkasa dan juga awet muda. Mitos-mitos Gua Pindul ini seakan menjadi pelengkap keindahan surga tersembunyi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *