Jasa SEO : Kriptografi pada e-commerce

6Jasa SEO РTeknologi dasar yang dipergunakan dalam pengamanan data untuk e-commerce, yakni kriptografi dengan fokus pada kriptografi. Kriptografi, sebagai landasan  utama untuk keamanan e-commerce, yaitu : ilmu yang mempelajari bagaimana membuat suatu pesan yang dikirim pengirim dapat disampaikan kepada penerima dengan aman. Karena ilmu ini mempunyai sifat tersendiri, sifat-sifat dalam kriptografi meliputi :

  • Kerahasiaan dari pesan dijamin dengan melakukan penyandian, sehingga pesan yang telah disandikan itu tidak dapat dibaca oleh orang-orang yang tidak berhak.
  • Keutuhan dari pesan, sehingga saat pesan itu dikirimkan tidak ada yang bisa mengutak-atik ditengah jalan. Sebagai contoh, dalam suatu transaksi pembayaran, sang pengirim pesan berkepentingan agar nilai cek digital sebesar Rp. 1.000.000,- tidak diubah orang lain menjadi Rp. 10.000.000,- ditengah jalan.
  • Jaminan atas identitas dan keabsahan jati diri dari pihak-pihak yang melakukan transaksi. Sekedar ilustrasi, dari sisi konsumen, harus ada jaminan bahwa www.ibu-dibyo.co.id adalah benar benar ticket office milik ibu dibyo di Cikini. Sebaliknya, seorang pedagang di internet juga perlu mengetahui apakah seorang konsumen yang sedang berbelanja di websitenya benar-benar menggunakan kartu kredit miliknya sendiri.
  • Transaksi dapat dijadikan barang bukti yang tidak bisa disangkal jika terjadi sengketa atau perselisihan pada transaksi elektronik yang telah terjadi.

Sifat- sifat tersebut sangatlah berguna dalam proses bisnis online, karena sangat sedikit celah bagi mereka para hacker untuk merusak transaksi yang ada. Dalam menjalankan kriptografi, terdapat dua proses utama, yakni :

  • Enkripsi adalah proses untuk mengubah pesan asli menjadi pesan yang terrahasiakan.
  • Dekripsi adalah proses mengubah pesan yang terahasiakan kembali menjadi pesan pada bentuk aslinya.

Pentingnya keamanan dan kerahasiaan transaksi perniagaan ini bukan saja dengan media internet, namun juga pada media komunikasi lainnya. Jika wireless network (jaringan komunikasi udara tanpa kabel) ingin digunakan untuk transaksi perdagangan, maka tentu harus dilakukan pengamanan komunikasi yang memadai. Lagipula sebaiknya setiap transaksi perdagangan perlu diamankan? Artinya, dengan menggunakan jaringan privatpun, sebaiknya ada langkah-langkah pengamanan data (terutama jika tidak mempercayai keamanan penyedia jaringan privat itu). Ada beberapa transaksi yang perlu diamankan, sebagai contoh : transaksi penjualan online, transaksi keuangan, e-mail, file transer, tanda tangan suatu kontrak dalam bentuk digital, informasi dari perusahaan untuk publik (sehingga tidak bisa diubah-ubah orang lain), dan transaksi bisnis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *